Selasa, 09 April 2013

Jenis-jenis Transaksi Internasional


Akuntansi Internasional adalah suatu transaksi yang digunakan antar negara dalam bentuk laporan keuangan.

Transaksi Internasional adalah suatu transaksi yang dilakukan antara suatu negara dengan negara lain atau antara individu satu dengan individu lain antar negara.

Transaksi-transaksi yang terdapat di dalam akuntansi internasional terdiri dari beberapa jenis transaksi, sebagai berikut :

1.   Barter adalah pengiriman barang ke luar negri untuk ditukarkan langsung dengan barang yang dibutuhkan dalam negri.
Terdapat empat jenis barter yaitu :
·         Direct BarterBuy
Adalah Sistem pertukaran barang dengan menggunakan alat penentu nilai yang disebut denominator of value suatu mata uang asing dan dilakukan melalui clearing pada neraca perdagangan antar kedua negara yang bersangkutan.

·         Back Barter
Adalah Suatu sistem penerapan teknologi dari suatu negara maju kepada negara berkembang dengan cara membantu menciptakan kapasitas produksi di negara berkembang yang nantinya hasil produksinya ditampung atau dibeli kembali oleh negara maju.

·         Switch Barter
Adalah Sistem ini dapat diterapkan apabila salah satu pihak tidak mungkin memanfaatkan sendiri barang yang akan diterimanya dari pertukaran tersebut, maka negara pengimpor dapat mengambil alih barang tersebut ke negara ketiga yang membutuhkannya.

·         Counter Purchase
Adalah Suatu sistem perdagangan timbal balik antar dua negara.Sebagai contoh suatu negara yang menjual barang kepada negara lain, maka negara yang bersangkutan juga harus membeli barang dari negara tersebut.


2.   Ekspor Impor adalah Kegiatan menjual barang atau jasa ke negara lain (ekspor) atau membeli barang atau jasa dari negara lain (impor).
Pertukaran barang dan jasa antara satu negara dengan negara lain
dilakukan dalam beberapa bentuk kerjasama, sebagai berikut :
·         Kerjasama Bilateral
Adalah kerja sama antar dua negara. Kerja sama bilateral bertujuan untuk membina hubungan yang telah ada serta menjalin hubungan kerja sama perdagangan dengan negara mitra. 

·         Kerjasama regional
Adalah kerja sama antara negara-negara sewilayah. Tujuannya adalah untuk menciptakan perdagangan bebas antara negara di suatu kawasan tertentu.

·         Kerjasama multilateral
Adalah kerja sama yang diadakan oleh lebih dari dua Negara dan sering disebut sebagai law making treaties karena mengatur hal-hal yang menyangkut kepentingan umum.

3.   Package Deal adalah perjanjian perdagangan dengan salah satu negara. Perjanjian itu menetapkan jumlah barang yang akan di ekspor ke negara tersebut dan menetapkan jumlah barang yang akan di impor dari negara tersebut.

4.   Valuta Asing (valas) aadalah jenis transaksi yang memperdagangkan mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lainnya yang melibatkan pasar-pasar uang utama di dunia selama 24 jam secara berkesinambungan.

5.   Penyelundupan adalah usaha yang bertujuan memindahkan kekayaan dari satu negara ke negara lain tanpa memenuhi ketentuan yang berlaku.

6.   Konsinyasi adalah pengiriman barang dimana belum ada pembeli yang  tertentu di luar negeri. Penjualan barang di luar negeri dapat dilaksanakan melalui Pasar Bebas (Free Market) atau Bursa Dagang (Commodites Exchange)   dengan  cara lelang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar