Kamis, 31 Mei 2012

Martin Cooper


Martin Marrty Cooper
Martin Cooper dengan nama panjang Martin Marty Cooper adalah seorang penemu handphone pertama. Beliau lahir pada tanggal 26 Desember 1928 di Chicago, illinois, USA. Beliau melakukan studinya di bidang Electrical Engineering dan berhasil meraih gelar sarjana pada tahun 1950.
Setelah lulus dari studinya, maka beliau memulai karirnya yang pertama, yaitu dengan bergabung bersama Angkatan Laut Amerika Serikat. Namun, pada tahun 1954 beliau meneruskan studinya dan juga bekerja di Motorola. Studinya berjalan dengan lancar sehingga beliau berhasil meraih gelar Magister dalam bidang rekayasa elektronika pada tahun 1957.
Pada tahun 1970, beliau menjabat pada divisi telepon mobil. Beliau pun memulai inovasinya, yaitu sebuah alat komunikasi yang tidak hanya dapat digunakan didalam mobil, maka beliau pun mengadakan penelitiannya dengan dibantu oleh beberapa insinyur.
Akhirnya pada tanggal 17 Oktober 1973, penemuan tersebut dipatenkan. Beliau adalahh orang pertama yang menemukan handphone. Atas penemuannya tersebut beliau mendapatkan sebuah penghargaan pada tahun 1995, diantaranya adalah  Wharton Infosys Business Transformation Award untuk inovasi teknologi di bidang komunikasi, tahun 2000 yaitu Top Sepuluh Pengusaha di majalah Red Herring, serta pada tahun 2009, beliau bersama dengan Raymond Tomlinson dianugerahi Prince of Asturias, sebuah penghargaan bagi penelitian ilmiah dan penelitian teknis.
Berkat beliau, saat ini kita dapat menggunakan handphone dengan ukuran yang mini karena telah melewati beberapa inovasi, kita dapat berkomunikasi kapan pun dan dimana pun saat diperlukan, sehingga mempermudah segala urusan dalam berkomunikasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar