Kamis, 21 Oktober 2010

Gunung Fuji


Gunung Fuji atau Fujisan adalah salah satu gunung tertinggi di Asia di luar Plato Tibet. Gunung yang luar biasa karena menjadi gunung berapi dengan bentuk yang nyaris simetrisdan kerucut. Ia merupakan salah satu symbol nasional Jepang yang terpenting, yang di anggap dan di puja-puja sehingga sebuah emblem unik dan identitas nasional.
Gunung Fuji berdiri dengan ketinggian 3776 meter di atas permukaan laut, dan berjarak 100 km sebelah barat daya daerah metropolitan Tokyo – Yokohama, yang menjadikannya dapat di lihat pada hari yang cerah dari daerah dengan populasi terpadat di Jepang.
Gunung Fuji adalah gunung berapi yang tidak aktif dan meletus terakhir kali tahun1707. Gunung Fuji sering menjadi subyek dalam seni Jepang selama berabad-abad. Lukisannya yang oaling terkenal adalah Thirty-six views of mounth Fuji, sebuah fortopolio yang di hasilkan tahun 1835 oleh seniman besar dan pelukis katsushika Hokusai.
Tidak seperti gunung-gunung lainnya di Asia, gunung Fuji ini tidak hanya mudah di daki, namun ia di daki paling tidak seperempat juta tahun. Puncak Gunung Fuji sebenarnya adalah kaldera vulkanis, dengan panjang 685m, dengan 8 puncak khusus (yang di keal sebagai daun bunga) pada lingkarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar