Kamis, 20 Oktober 2011

Proposal Penelitian "Sarana dan Prasarana Universitas di Indonesia"

1.Latar Belakang Masalah

Belakangan ini, seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi di era globalisasi yang tengah ramai dibicarakan di masyarakat kita, serta mengenai sarana dan prasarana belajar mengajar di wilayah universitas negeri maupun swasta, masih banyak universitas-unversitas di Indonesia yang belum memenuhi kebutuhan belajar mahasiswa dan mahasiswinya.

Pendidikan adalah sektor penting dari usaha pemerintah untuk mewujudkan cita citanya. Berdasarkan pengamatan atas usaha dari pemerintah tersebut, penulis ingin mengetahui apakah kebutuhan para mahasiswa sudah terpenuhi saat melakukan belajar di dalam ruangan atau saat di luar ruangan.

Dari uraian di atas, untuk mengetahui lebih lanjut tentang sarana dan prasarana di dalam suatu unversitas baik negeri maupun swasta, penulis bermaksud melakukan penelitian yang diberi judul “ Sudah Layakkah Sarana dan Prasarana Sebuah Universitas di Indonesia ”.

2. Pembatasan dan Perumusan Masalah

Pembatasan masalah dilakukan agar permasalahan tetap berada pada lingkup yang sesuai serta selalu terarah, diperlukan beberapa pertanyaan yang membatasi masalah ini, sehingga dapat dicapai solusi yang tepat pada pokok permasalahan. Adapun pertanyaan – pertanyaan yang peneliti ajukan adalah sebagai berikut :
Apakah “Sarana dan Prasarana” di universitas anda sudah layak?
Bagaimana pendapat anda mengenai semua perangkat baik tentang system belajar hingga sebuah alat pendukung?

3. Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah :

Untuk mengetahui bagaimana kelayakan sarana dan prasarana di sebuah universitas..
Untuk mengetahui tanggapan para mahasiswa tentang unversitas yang mereka percaya sebagai tempat untuk menimba ilmu.

Manfaat dari penelitian ini adalah :

Menambah pengetahuan khusnya bagi penulis dalam hal penelitian.
Sebagai bahan rujukan atau perbandingan bagi para Universitas di Indonesia sehingga dapat melakukan tindakan tepat yang efektif bila masih terdapat kelemahan dan kekurangan sehingga Universitas tersebut dapat menjadi Universitas terbaik.

4. Landasan Teori

Landasan teori adalah bagian penting dalam suatu penelitian, adapun fungsi dari landasan teori adalah agar penelitian dapat tepat sasaran dan efektif. Adapun beberapa landasan teori disini :

a. Universitas adalah tempat berkumpulnya seseorang yang ingin mendapatkan ilmu (mahasiswa) dengan fasilitas lainnya dalam rangka membantu proses mendapatkan ilmu atau belajar.

b. Rektor adalah seseorang yang memegang pimpinan paling tinggi dalam unversitas. Biasanya berfungsi sebagai pengatur, pengawas, maupun pengambil kebijakan dengan tujuan efektifnya kegiatan belajar mengajar yang terjadi di sebuah universitas.

c. Dosen adalah bagian dari fasilitas belajar seseorang yang ingin mendapatkan ilmu. Dosen berfungsi sebagai pengajar atau media belajar dari mahasiswa tersebut.

d. Mahasiswa adalah seseorang yang ingin mendapat ilmu guna digunakan atau dikembangkan dalam kehidupannya guna mencapai cita – cita hidup atau tujuan dari mahasiswa tersebut.

5. Metodologi Penelitian

Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.

Metode deskriptif adalah metode penelitian yang meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu pemikiran ataupun suatu peristiwa masa sekarang.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah penulis dapat mengetahui gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta gejala yang sudah diselidiki.

Adapun langkah – langkah penelitiannya sebagai berikut :

Menyusun proposal penelitian sosial. Penyusunan proposal dilakukan sebagai langkah awal dalam melakukan penelitian. Penyusunan ini terdiri dari menentukan topik yang dipilih. Setelah itu peneliti merumuskan masalah.
Mengumpulkan data. Untuk mengumpulkan data, penulis dapat menetukan dengan cara kuesioner, wawancara ataupun mencarinya melalui situs tertentu.
Wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara Tanya jawab sambil bertatap muka antara si peneliti dengan objek penelitian.
Kuesioner adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara menyebarkan selebaran yang diisi oleh objek penelitian.
Dalam hal ini cara yang diambil melalui tanya jawab dan mencari melalui situs tertentu.
Pengolahan Data. Setelah data – data terkumpul, penulis akan mengolah data tersebut.
Penyusunan Laporan. Setelah tahap – tahap sebagaimana diuraikan diatas, maka langkah selanjutnya adalah menyusun laporan agar tujuan dan manfaat dapat dikomunikasikan.

6. Waktu Penelitian

Waktu penelitian dilaksanakan pada Bulan Oktober 2011.

7. Personalia Penelitian

1. Nama Lengkap : Mega Anggita Putri (23209572)
2. Nama Lengkap : Ardinal Juliansyah (20109230)

8. Anggaran Biaya
Anggaran biaya pada penelitian ini diperoleh dari iuran anggota dengan rincian :

A. Pemasukan
     Iuran Anggota : @Rp. 50.000,00 X 2 = Rp. 100.000,00

B. Pengeluaran
     Penyusunan Proposal Rp. 40.000,00
     Pembuatan Pertanyaan Untuk Kuesioner Rp. 30.000,00
     Wawancara Rp. 20.000,00
     Biaya tak terduga Rp. 10.000,00
     Total pengeluaran Rp. 100.000,00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar