Sabtu, 01 Januari 2011

Spanyol Rayakan Tahun Baru dengan Tradisi Makan Anggur

Sedikit berbeda dengan beberapa negara lainnya yang lazim menggunakan kembang api untuk merayakan pergantian tahun, di pusat kota Madrid, warga Spanyol merayakannya dengan memakan 12 anggur sesuai dengan dentangan lonceng pergantian tahun. 

Perayaan yang dikenal dengan nama Las Uvas ini sudah turun temurun dilakukan di Spanyol. Begitu juga pada pergantian tahun menuju 2011 kali ini. Sebanyak 50.000 orang berkostum merah berkumpul di alun-alun Madrid del Puerta Sol untuk melakukan ritual ini. 

Menurut kepercayaan, mengunyah dan menelan buah anggur untuk setiap dentang lonceng akan membawa keberuntungan, sedangkan bersuka ria dipercayai akan membawa kemalangan. 

"Ini adalah tradisi tahunan dan saya di sini untuk membuat keinginan untuk tahun baru. Jika Anda makan buah anggur keinginan Anda akan terwujud," kata Anita Vargas salah seorang warga Madrid seperti dilansir dariReuters. 

Setelah pergantian tahun, orang-orang saling memberi selamat sambil bersulang dengan gelas minuman bersoda seperti cava, sampanye dan cider. Kepolisian setempat juga telah bersiaga untuk memeriksa botol minuman yang dibawa warga. Botol-botol tersebut diminta untuk ditinggalkan agar tidak menciderai saat ritual itu berlangsung. 

Tradisi ini dimulai sejak tahun 1909. Pada waktu itu, petani anggur di Alicante membuat tradisi memakan anggur sebagai cara menghabiskan surplus produksi anggur mereka. Namun hingga kini tradisi ini masih terus dilakukan sebagian besar warga Spanyol. (Reuters/OL-9)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar