Rabu, 24 November 2010

Perkembangan Koperasi di Indonesia

Perkembangan Koperasi Di Indonesia
Menurut saya,
Tentunya koperasi di Indonesia selalu mengelami perubahan-perubahan untuk dapat lebih berkembang dan maju dari sebelum-sebelumnya. Saat ini, perkembangan koperasi di Indonesia sudah cukup baik, dimana bahwa tujuan dari koperasi sendiri itu baik, untuk kesejahteraan bagi anggotanya dengan memberikan pinjaman modal, simpan pinjam, maupun kredit, namun yang harus diperhatikan sebagai koreksi bagi koperasi adalah bahwa koperasi di Indonesia masih bersifat tertutup, dalam artian dalam suatu koperasi biasanya anggotanya hanya terdiri dari yang seprofesi saja, seperti koperasi petani, alangkah baiknya kalau koperasi di Indonesia dapat bersifat terbuka, sehingga adanya kerjasama antar koperasi, seperti koperasi petani bekerjasama dengan koperasi perikanan. Dengan adanya kerjasama yang di jalin antar koperasi akan membuat perubahan dalam koperasi tersebut.
Selain itu, Management koperasi yang kurang professional juga menjadi kendala bagi perkembangan koperasi di Indonesia. Halini di tunjukkan dengan banyaknya KUD yang bangkrut akibat management yang kurang professional, ada baiknya bagi setiap pengurus koperasi di beri bimbingan terlebih dahulu mengenai bagaimana dalam memanage koperasi, agar kendala seperti tersebut dapat teratasi sedikit demi sedikit demi perkembangan perekonomian di Indonesia.
 Kendala lain yang dapat di lihat adalah pemberian bantuan dana yang di berikan oleh pemerintah kepada koperasi tanpa adanya pengawasan dalam penggunaan dana tersebut, sehingga tidak di ketahui apakah dana yang di berikan dapat di gunakan secara efektif dan efisien. Kurang adanya  pengawasan membuat setiap yang berperan dalam kopersai dapat bergerak bebas, ini menimbulkan pandangan negative tersendiri mengenai penggunaan yang ada, sudahkan dana yang di berikan pemerintah sudah di gunakan untuk tujuan yang seharusnya, atau sebaliknya. Sebaiknya pemerintah harus melakukan pengawasan rutin, sehingga dana yang di berikan berada pada jalur yang seharusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar